Pengobatan Jamur Kulit Menggunakan Manfaat dari Minyak Kelapa

Selain sebagai minyak untuk menggoreng makanan ternyata ada banyak lagi manfaat lain yang belum kita ketahui dari minyak kelapa untuk kesehatan. Salah satu contohnya yaitu merkumur-kumur dengan minyak kelapa misalnya, dapat mencegah kebusuka gigi dan gusi berdarah. Serta banyak manfaat lain yang dipercaya banyak orang adalah sebagai obat infeksi jamur kulit. 

Fakta Pengobatan Infeksi Jamur Dengan Media Minyak Kelapa
Kulit gatal yang ter infeksi jamur bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, sensasi panas di kulit serta gatal tak tertahankan dan sangat mengganggu aktivitas sehari - hari. Infeksi pada kulit sebenarnya dapat dengan mudah di obati dengan menggunakan krim anti jamur yang tersedia di apotek atau toko obat, baik dengan atau tanpa resep dokter.

Akan tetapi, tidak sedikit orang mencari alternatif yang lebih alami untuk menghindari resiko efek samping dan salah satunya adalah menggunakan bahan minyak kelapa ini.



Ulasan
Pada tahun 2017 lalu sebuah studi di Nigeria tengah mencari fakta tentang manfaat lain dari Minyak Kelapa. Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai sedang (MCT), yang tidak hanya lebih mudah diserap oleh hati, tetapi juga dimetabolisme dengan cepat. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang bisa membantu meredakan berbagai infeksi kulit.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan asal Nigeria pada tahun 2017 melaporkan bahwa kandungan MCT dalam minyak kelapa efektif melawan infeksi jamur candida albincans, bahkan lebih efektif daripada obat krim antijamur fluconazole dan tanpa efek samping.

Cara Menggunakannya
Bila infeksi terjadi di permukaan kulit, minyak kelapa bisa langsung dioleskan pada area kulit yang bermasalah. Ulangi terus pemakaiannya setiap hari sampai gejala mereda. Namun, apabila bagian mulut yang terinfeksi jamur, ikutin arahan berikut :
  • Panaskan minyak kelapa selama beberapa detik
  • Dinginkan minyak sampai cukup dingin untuk tidak membakar kulit
  • Masukkan ke mulut selama sekitar 30 detik
  • Keluarkan minyak kelapa tersebut dari mulut
  • Hindari makan atau minum selama setengah jam setelahnya
Bila Anda mengalami infeksi jamur pada vagina, minyak kelapa bisa langsung dioleskan ke kulit vagina yang terinfeksi selama 4-5 hari. Cara yang kedua, minyak kelapa dioleskan pada tampon dan dimasukkan ke dalam vagina hingga mencapai mulur rahim. Sebelum melakukan kedua hal ini, sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Pastikan minyak yang Anda gunakan adalah minyak kelapa ekstra virgin/virgin coconut oil (VCO) yang tidak melewati beragam proses pabrikan.
Jangan pakai minyak kelapa terlalu lama

Walaupun diketahui efektif, belum ada penelitian medis lebih lanjut yang dilakukan pada manusia untuk mengetahui risiko efek samping penggunaan minyak kelapa dalam jangka panjang. Oleh karena itu, kemungkinan efek samping bisa terjadi.

Maka sebaiknya, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakan minyak kelapa sebagai obat infeksi jamur kulit. Dokter biasanya akan merekomendasikan obat antijamur, seperti fluconazole. Menjaga kebersihan diri, mengurangi konsumsi gula, dan rutin mengonsumsi yogurt juga mendukung pemulihan kesehatan dari kondisi ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merawat Kesehatan kulit bukan Sekedar untuk kecantikan Saja

Fakta Unik Tentang Kesehatan Antara Mengkonsumsi Tempe dan Miss V

Bahaya Keputihan dan Infeksi Vagina